Cara Instal Ministep dan Winsteps: Aplikasi Pemodelan Rasch

Rasch model adalah salah satu teknik analisis data untuk menguji validitas, reliabilitas, dan kesesuaian data yang unik dan berbeda dengan lainnya. Rasch model terbukti dapat menutup berbagai kekurangan atau keterbatasan teori tes klasik, seperti:

  1. Memberikan skala linier dengan interval yang sama—dengan nilai logit
  2. Dapat memprediksi data yang hilang (missing data)
  3. Mendeteksi ketidaktepatan model
  4. Memberikan estimasi yang lebih tepat, dan
  5. Menghasilkan pengukuran yang replicable atau dapat direplikasi 1

Contoh sederhananya: saat kita menganalissi data dengan aplikasi SPSS terhadap data yang tidak lengkap (hilang/missing), kita pasti akan mendapati hasil analisis yang kurang lengkap (tidak terlihat semuanya). Hal semacam itu tidak akan terjadi dalam Rasch model.

Maka dari itu, tidak salah jika Rasch model menjadi salah satu teknik analisis yang populer digunakan saat ini. Tidak hanya untuk uji validitas, tapi juga untuk mengidentifikasi kemampuan kognitif ataupun sikap responden dalam berbagai desain penelitian.

Ada beberapa aplikasi pengukuran model Rasch yang bisa digunakan, antara lain adalah Ministep dan Winsteps. Dua aplikasi tersebut pada dasarnya serupa, hanya saja Winsteps adalah versi full dari Ministep yang gratis (free).

Cara Instal Aplikasi Ministep dan Winsteps

Sebelum melakukan analisis Rasch model, berikut adalah cara menginstal aplikasi Ministep yang bisa Anda lakukan di laptop Windows.

1. Download Aplikasi

Download aplikasi Ministep:

Ministep memang gratis, namun pasti ada kelemahannya yaitu hanya dapat analisis data dari 25 items dan 75 persons (responden). Sehingga, bagi Anda yang membutuhkan analisis data lebih dari 25 items dan lebih dari 75 persons, maka silakan Anda dapat berlangganan Winsteps.

Aplikasi Winsteps dapat melakukan analisis terhadap 64.000 items dan 10.000.000 persons. Jadi sangat aman untuk melakukan berbagai analisis.

2. Jalankan Instalasi

Pertama, ketik file yang sudah didownload dan pilih Yes

Setup Ministep (Winsteps)

Maka Anda akan masuk pada Setup Ministep (Winsteps). Anda bisa menyimpan file instalasi di manapun, tapi kami rekomendasikan untuk pilih default yaitu: C:\Winsteps

Kemudian klik Next >

Setelah itu akan muncul lagi dialog Shortcut Folder, tidak perlu diganti: Winsteps

Shortcut Folder

Kemudian klik Next >

3. Tunggu Instalasi Berlangsung

Setelah itu, Anda akan melihat progres instalasi seperti pada gambar berikut:

Tunggu Instalasi Berlangsung

Tunggu saja hingga proses selesai, jika proses terhambat atau macet di tengah-tengah, ditunggu beberapa menit. Jika satu jam tetap stag, maka batalkan dan ulangi prosesnya.

Jika sudah selesai dan berhasil, maka akan ada dialog box seperti di bawah ini:

Finish

Klik Finish

Selamat, Anda sudah berhasil meng-instal aplikasi MiniStep. Setelah klik Finish, maka Anda akan masuk secara otomatis ke aplikasi Ministep dan aplikasi tersebut sudah siap untuk digunakan.

QnA seputar Ministep dan Winsteps

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan seputar ministep dan Winsteps:

Apakah Instal Winsteps Berbeda?

Tidak, sama saja. Proses instalasi Ministep dan Winsteps sama persis, tidak ada bedanya. Bahkan, tampilan aplikasinya juga sama persis. Memang kedua aplikasi ini pada dasarnya sama, hanya saja beda limit atau batasan analisis datanya.

Ministep dan Winsteps
Tampilan awal Ministep

Apakah ada aplikasi Rasch Model Selain Winsteps dan Ministep?

Ada, banyak bahkan. Anda bisa gunakan R Studio, Parscale, dan lain-lain. Anda dapat cek di website berikut ini: https://www.rasch.org/software.htm

Apakah hasil Analisis data dari Winsteps atau Ministep valid?

Sejauh ini, kami rasa valid. Pengembang aplikasi ini Mike Linacre, Ph.D. telah dipercaya dan dijadikan salah satu referensi analisis Rasch dalam berbagai penelitian di seluruh dunia.

Dalam berbagai penelitian, aplikasi Winsteps juga disebutkan secara eksplisit dalam jurnal-jurnal Q1 dan Q2, seperti artikel berikut:

  1. https://doi.org/10.1007/s40692-020-00177-2
  2. https://doi.org/10.29333/ejmste/11794

Buku apa yang bisa dipelajari untuk belajar Winsteps atau Ministep?

Kami rekomendasikan untuk membaca tutorial di website aslinya: https://www.winsteps.com/tutorials.htm. Namun, Anda bisa juga membaca bukunya Pak Bambang Sumintono dan Pak Wahyu Widhiarso. Cuplikan bukunya ada DISINI.

Referensi

  1. Sumintono, B dan Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment. Pendidikan. Trim Komunikata Publishing House. ↩︎
Bagikan:
HUD
HUD

Mahasiswa, masih nganggur, kadang suka nulis, ya gitu aja sih.

Articles: 10

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *